Latihan & Survey Kepemimpinan



Sekarang lakukan evaluasi diri untuk melihat di tingkat mana kepemimpinan Anda sendiri. Caranya dengan melengkapi daftar di bawah ini. Ini adalah latihan individu untuk keuntungan Anda sendiri sebagai latihan pembelajaran. Anda tidak akan diminta untuk mengungkapkan skor Anda, sehingga kejujuran Anda sangat diharapkan.
Tuliskan angka 1, 2 atau 3 di samping setiap kalimat pernyataan          
1= tidak pernah      2= kadang-kala  atau        3= selalu
1.     Orang lain suka mengikuti perintah saya                                           

2.     Ketika saya pertama kali bertemu orang lain dalam kelompok saya menjadi seorang yang muncul sebagai pemimpin kelompok itu

3.     Waktu saya seumur bocah, saya sudah dilihat orang akan menjadi seorang pemimpin

4.     Keluarga saya menganggap saya sebagai seorang pemimpin

5.     Ketika saya membuat komitmen, saya selalu bisa mengingatnya menjalankannya.

6.     Saya mampu berkomunikasi dengan sangat baik

7.     Saya selalu mencari cara-cara baru untuk meningkatkan kemampuan diri saya sebagai seorang pemimpin

8.     Ketika saya mengambil suatu peran kepemimpinan saya selalu mendapatkan komitmen yang baik dari yang lain.

9.     Saya memiliki relasi yang baik dengan orang lain di komunitas sekolah.

10.                        Jika saya berkonflik dengan seseorang di komunitas sekolah, saya kemudian akan berbicara hati ke hati dengan orang tersebut secara pribadi dan mencoba menyelesaikan masalah di antara kami,

11.                        Saya selalu bisa dan mudah didekati dan siap mendiskusikan apapun

12.                        Saya mendapatkan hormat dari semua anggota komunitas masyarakat

13.                        Saat saya berbicara dengan seseorang, saya menjadi pendengar yang baik, dan saya tidak menginterupsi.

14.                        Saya memang melakukan kesalahan, tapi saya bekerja keras agar saya tidak mengulang kesalahan yang sama dua kali

15.                        Ketika saya bertemu orang baru, saya merasa nyaman dan saya bisa membangun relasi dengan orang baru itu

16.                        Orang lain mendukung saya ketika saya merasa yakin dan berpendapat terhadap suatu masalah

17.                        Saya membuat orang lain merasa tenang

18.                        Orang-orang selalu percaya pada saya

19.                        Saya selalu mendorong dan memuji yang lain

20.                        I Saya menunjukkan bahwa saya peduli terhadap yang lain.

…………………………………                        SKOR TOTAL

50 – 60   Anda sudah memiliki kekuatan yang cukup untuk menjadi seorang pemimpin. Anda seharusnya terus menumbuhkan kekuatan tersebut dan belajar serta mendorong orang lain untuk juga berkembang menjadi pemimpin.
40 – 49   Apabila ingin menjadi pemimpin yang benar, Anda harus memperhatikan beberapa bidang yang lemah dalam kepemimpinan Anda dan berfokus bagaimana bisa mendapatkan ketrampilan baru di bidang tersebut
20 -39     Ketrampilan dan aset atau sumberdaya yang Anda miliki harus dipertimbangkan ulang apabila Anda ingin menjadi seorang pemimpin



Latihan: Kata-kata yang diacak
Susun ulang “kata-kata” tentang kepemimpinan terdistribusi di bawah ini. Setiap kata sudah diacak.

1. usbisidtri
2. fikfleko
3. fiskukin
4. barosiaalok
5. sinisagaor
6. visaoni
7. sesteinnok
8. leblefski
9. kisoer
10. fikefek



Latihan: Sifat-sifat Kepemimpinan
1. Tuliskan tanda centang di sisi sifat-sifat yang Anda rasa ada pada diri Anda saat ini
2. Lingkari sifat-sifat yang Anda ingin memiliki atau ingin tingkatkan dalam diri Anda

SIFAT-SIFAT
Suka merawat

Menjadi inspirasi orang lain

Mendorong dan memotivasi

Aktif

Bisa bertanggungjawab

Suka berkontribusi

Ramah, bisa berteman

Responsif, cepat menanggapi

Positif

Mudah melayani

Terbuka

Enerjik

Seimbang

Suka merenungkan

Profesional

Diplomatis

Terorganisasi, Teratur

Berpikiran terbuka

Mudah bekerjasama

Sabar

Loyal, setia

Optimistis

Menyenangkan

Mudah dan senang bergaul

Mencari pemecahan masalah

Memberdayakan orang lain

Bertanggungjawab

Jujur apa adanya

Rajin

Mudah beradaptasi

Suka menantang dgn kesulitan

Mudah berempati

Suka memuji

Bisa dipercaya

Dinamis

Tahan banting

Hormat ke orang lain

Mengajak orang lain

Memotivasi orang lain

Inovatif

Komunikatif

Bertekat kuat

Suka bertanya-tanya

Bicara Jujur

Mengembangkan orang lain

Proaktif

Membimbing orang lain

Mudah mengapresiasi orang

Merancang Visi

Bisa diandalkan

Mengajari orang lain

Suka mengambil keputusan

Comments

Popular posts from this blog

KATA BIJAK

100 Kata Mutiara tentang Kepemimpinan

TUGAS MAKALAH KEPEMIMPINAN