BAHAN BACAAN PROFESIONAL "KEPEMIMPINAN"



Lakukan kajian Anda menggunakan sepuluh pernyataan tentang kepemimpinan di bawah ini. Pernyataan-pernyataan berikut ini dibuat oleh para profesional di kalangan internasional tentang kepemimpinan. Apa yang dapat Anda pelajari dari pernyataan-pernyataan ini tentang Kepemimpinan Sekolah?
1.           Kepemimpinan itu urusan semua orang juga. Kepemimpinan bukan sekedar tentang posisi pekerjaan atau tempat. Kepemimpinan lebih karena sikap atau rasa tanggungjawab bahwa mereka dipanggil untuk menciptakan perbedaan. (J. M. Kouzes and B. Z. Posner, Encouraging the Heart: ALeader’s Guide to Rewarding and Recognizing Others, Jossey-Bass, San Francisco, 2003, p. xvii)
2.           Para pemimpin tidak suka memberikan dalih untuk ketidakmampuan bertindak. Mereka adalah yang pertama bergerak dan yang memulai mengadopsi sesuatu yang baru. Mereka membuat hal-hal yang benar terjadi. . . Pemimpin membuat orang lain bertindak, dan satu dari tugas mereka yang paling utama adalah membuat para anggotanya ikut bertndak, mengujji, mempertanyakan, berinovasi dan belajar. Mereka perlu menjadi teladan dan menunjukkan perilaku yang diharapkan dari para anggotanya. (G. M. Spreitzer and T.G. Cummings, The Future of Leadership, Jossey-Bass, San Francisco, 2001, p.241)
3.           Model kepemimpinan di masa lalu tidak memadai untuk menjawab tantangan pendidikan di masa mendatang. (A. Harris, Distributed Leadership, Routledge, London, 2008, p. 29)
4.           Satu dari ketrampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk ditunjukkan di tindakan nyata adalah bagaimana dia membangun dan memelihara relasi yang menguntungkan. (M. De Pree, Leadership is an Art, Currency Doubleday, New York, 1989, p. x)
5.           Intinya, pengaruh dan inspirasi tersebut datang dari orang, dan bukan karena posisinya. (M. Sanborn, You Don’t Need a Title to be a Leader, Random House, United Kingdom, 2006, p. 7)
6.           Kepemimpinan tidak terjadi serta-merta saja. Kepemimpinan dapat diajarkan, dipelajari dan dikembangkan. (R. W. Giuliani, Leadership, Merimax Books, New York, p. xiii)
7.           Kepemimpinan adalah tentang membantu orang untuk memahami masalah yang mereka hadapi, dengan membantu orang untuk mendapatkan pegangan tentang bagaimana mengelola masalah ini, dan bahkan dengan belajar untuk hidup dengan masalah. Kepemimpinan adalah setelah semua perjuangan, pencarian untuk melakukan hal yang benar. Kita bisa menghargai perjuangan ini ketika kita menyadari bahwa pemimpin adalah orang-orang biasa yang diperlukan untuk membuat komitmen jarang mencoba untuk memenuhi kewajiban mereka. Mereka melakukan ini dengan tujuan melayani dan dengan berusaha membantu orang lain untuk menjadi sukses. (T. Sergiovanni, Leadership: What’s in it for Schools? Routledge Falmer, New York, 2001, p. ix)
8.           Pemimpin yang unggul tidak didefinisikan dengan tidak adanya kelemahan atau cacat, tapi dengan kehadiran keinginan yang teguh dan jelas. Kunci mengembangkan kepemimpinan yang unggul adalah membangun kekuatan diri. (J. H. Zenger and J. Folkman, The Handbook for Leaders, McGraw Hill, New York, 2004, p. ix)
9.           Pemimpin yang memberikan inspirasi menciptakan resonansi (gema) dan menggerakkan orang lain dengan visi yang menarik atau misi yang diterima bersama. Pemimpin semacam itu menjalankan sendiri apa yang mereka minta orang lain untuk kerjakan, dan mampu mengartikulasikan suatu misi yang diterima bersama dengan cara yang menginspirasi orang lain agar mengikuti langkahnya. (D. Coleman, The New Leaders: Transforming the Art of Leadership into the Science of Results, Little Brown, London, 2002, p. 255)
10.      Kepemimpinan tidak mengerahkan orang lain agar memecahkan masalah yang kita sudah tahu cara pemecahannya, tapi untuk membantu mereka menghadapi masalah yang selama ini belum pernah dipecahkan dengan sukses. (M. Fullan, Leading in a Culture of Change, Jossey-Bass, San Francisco, 2001, p. 3)

Comments

Popular posts from this blog

KATA BIJAK

100 Kata Mutiara tentang Kepemimpinan

TUGAS MAKALAH KEPEMIMPINAN