BAHAN BACAAN PROFESIONAL "KEPEMIMPINAN"
Lakukan kajian Anda menggunakan sepuluh pernyataan
tentang kepemimpinan di bawah ini. Pernyataan-pernyataan berikut ini dibuat
oleh para profesional di kalangan internasional tentang kepemimpinan. Apa yang
dapat Anda pelajari dari pernyataan-pernyataan ini tentang Kepemimpinan Sekolah?
1.
Kepemimpinan itu
urusan semua orang juga. Kepemimpinan bukan sekedar tentang posisi pekerjaan
atau tempat. Kepemimpinan lebih karena sikap atau rasa tanggungjawab bahwa
mereka dipanggil untuk menciptakan perbedaan. (J. M. Kouzes and B. Z. Posner,
Encouraging the Heart: ALeader’s Guide to Rewarding and Recognizing Others,
Jossey-Bass, San Francisco, 2003, p. xvii)
2.
Para pemimpin
tidak suka memberikan dalih untuk ketidakmampuan bertindak. Mereka adalah yang
pertama bergerak dan yang memulai mengadopsi sesuatu yang baru. Mereka membuat
hal-hal yang benar terjadi. . . Pemimpin membuat orang lain bertindak, dan satu
dari tugas mereka yang paling utama adalah membuat para anggotanya ikut
bertndak, mengujji, mempertanyakan, berinovasi dan belajar. Mereka perlu
menjadi teladan dan menunjukkan perilaku yang diharapkan dari para anggotanya.
(G. M. Spreitzer and T.G. Cummings, The Future of Leadership, Jossey-Bass,
San Francisco, 2001, p.241)
3.
Model kepemimpinan
di masa lalu tidak memadai untuk menjawab tantangan pendidikan di masa
mendatang. (A. Harris, Distributed Leadership, Routledge, London, 2008,
p. 29)
4.
Satu dari
ketrampilan khusus yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk ditunjukkan
di tindakan nyata adalah bagaimana dia membangun dan memelihara relasi yang
menguntungkan. (M. De Pree, Leadership is an Art, Currency Doubleday, New
York, 1989, p. x)
5.
Intinya,
pengaruh dan inspirasi tersebut datang dari orang, dan bukan karena posisinya.
(M. Sanborn, You Don’t Need a Title to be a Leader, Random House, United
Kingdom, 2006, p. 7)
6.
Kepemimpinan tidak
terjadi serta-merta saja. Kepemimpinan dapat diajarkan, dipelajari dan
dikembangkan. (R. W. Giuliani, Leadership, Merimax Books, New York, p.
xiii)
7.
Kepemimpinan
adalah tentang membantu orang untuk memahami masalah yang mereka hadapi, dengan
membantu orang untuk mendapatkan pegangan tentang bagaimana mengelola masalah
ini, dan bahkan dengan belajar untuk hidup dengan masalah. Kepemimpinan adalah
setelah semua perjuangan, pencarian untuk melakukan hal yang benar. Kita bisa
menghargai perjuangan ini ketika kita menyadari bahwa pemimpin adalah
orang-orang biasa yang diperlukan untuk membuat komitmen jarang mencoba untuk
memenuhi kewajiban mereka. Mereka melakukan ini dengan tujuan melayani dan
dengan berusaha membantu orang lain untuk menjadi sukses. (T. Sergiovanni, Leadership:
What’s in it for Schools? Routledge Falmer, New York, 2001, p. ix)
8.
Pemimpin yang
unggul tidak didefinisikan dengan tidak adanya kelemahan atau cacat, tapi
dengan kehadiran keinginan yang teguh dan jelas. Kunci mengembangkan
kepemimpinan yang unggul adalah membangun kekuatan diri. (J. H. Zenger and J.
Folkman, The Handbook for Leaders, McGraw Hill, New York, 2004, p. ix)
9.
Pemimpin yang
memberikan inspirasi menciptakan resonansi (gema) dan menggerakkan orang lain
dengan visi yang menarik atau misi yang diterima bersama. Pemimpin semacam itu
menjalankan sendiri apa yang mereka minta orang lain untuk kerjakan, dan mampu
mengartikulasikan suatu misi yang diterima bersama dengan cara yang
menginspirasi orang lain agar mengikuti langkahnya. (D. Coleman, The New
Leaders: Transforming the Art of Leadership into the Science of Results,
Little Brown, London, 2002, p. 255)
10.
Kepemimpinan tidak
mengerahkan orang lain agar memecahkan masalah yang kita sudah tahu cara
pemecahannya, tapi untuk membantu mereka menghadapi masalah yang selama ini
belum pernah dipecahkan dengan sukses. (M. Fullan, Leading in a Culture of
Change, Jossey-Bass, San Francisco, 2001, p. 3)
Comments
Post a Comment