100 Kata Mutiara tentang Kepemimpinan




1.              Seorang pemimpin mampu menyentuh hati orang lain sebelum meminta mereka melakukan sesuatu. (John Maxwell)
2.              Pemimpin yang efektif memahami budaya sekolah (dan) mendukung terciptanya suatu kondisi yang membangun kerjasama, kepercayaan, dan kepedulian, yang merupakan beberapa pertanda dari suatu budaya sekolah yang sehat dan penuh energi. (Sally Zepeda)
3.              Pemimpin tidak memaksa orang lain untuk mengikutinya - dia mengundang orang untuk ikut dalam sebuah perjalanan. (Charles Lauer)
4.              Kepemimpinan sekolah membutuhkan kemampuan untuk mengembangkan,mengkomunikasikan, dan menempatkan sebuah vlsi untuk pengembangan sekolah yang mengorganisir energi dari anggota staf yang sangat beragam menuju tujuan bersama. (Charlotte Danielson)
5.              Seorang pemimpin adalah seorang penjual harapan. (Napoleon Bonaparte)
6.              Kepala sekolah yang sangat efektif memahami adanya komunitas para pemimpin. Ketika anggota staf, orang tua, serta murid merupakan bagian dari suatu komunitas para pemimpin, maka setiap orang menerima tanggung jawab untuk belajar, mengetahui alasan di balik apa yang sedang mereka lakukan, dan memiliki komitmen terhadap misi sekolah. (Elaine McEwan)
7.              Orang tidak bisa dikelola. Inventaris bisa dikelola, tapi orang harus dipimpin. (Ross Perot)
8.              Setiap orang memiliki hak, tanggung jawab dan kemempuan untuk menjadi seorang pemimpin. (Linda Lambert)
9.              Suatu komunitas ibarat sebuah kapal, setiap penumpangnya harus slap-slap dengan helm (Henrik Ibsen).
10.         Pemimpin menjadi suri tauladan yang lebih kuat saat mereka belajar, bukan saat mereka mengajar. (Elizabeth Moss)
11.         Jika saya mampu melihat lebih jauh dibanding yang lain, itu karena saya berdiri di bahu raksasa. (isaac newton)
12.         Seorang pemimpin membawa orang lain ke tempat yang mereka inginkan. Seorang pemimpin yang hebat membawa orang lain ke tempat yang barangkali tidak mereka inginkan, namun sebenarnya mereka harus berada di sana. (Rosalynn Carter)
13.         Jika apa yang Anda lakukan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk bermimpi lebih, belajar lebih, melakukan lebih dan menjadi lebih, maka Anda adalah seorang pemimpin. (John Quincy Adams)
14.         Kita tidak tahu kemana mimpi-mimpi kita akan membawa kita pergi, namun kita mungkin bisa melihat dengan jelas kemana kita akan pergi jika kita tak memiliki mimpi-mimpi. (Marilyn Grey)
15.         Saat ini, kunci dari kepemimpinan yang sukses adalah pengaruh, bukan wewenang. (Kenneth Blanchard)
16.         Jangan pernah meragukan kemampuan “merubah dunia” yang datang dari sekelompok kecil orang-orang yang memiliki komitmen tinggi. Sebenarnya, cuma hal itulah yang sanggup merubah dunia. (Margaret Mead)
17.         Para pemimpin yang bekerja paling efektif, dalam pandangan saya, tidak pernah berkata “aku’. Dan itu bukan karena mereka telah melatih diri untuk tidak berkata “aku”. Mereka memang tidak berpikir sebagai “aku”. Mereka berpikir sebagai “kita”; sebagai “tim”. Mereka paham bahwa pekerjaan mereka adalah membuat timnya berfungsi dengan balk. Mereka menerima tanggung jawab dan tidak menghindarinya, Namun pada akhirnya “kita” lah yang mendapatkan penghargaan. Inilah yang menghasilkan kepercayaan, yang membuat Anda mampu menuntaskan pekerjaan. (Peter Drucker)
18.         Belakangan ini, muncul suatu pemahaman yang berbeda tentang kepemimpinan. Para pemimpin didorong untuk melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan, mendorong kemitraan, untuk memberdayakan orang lain. Kita tidak mungkin memberi pengaruh pada keadaan tanpa memberi penghormatan pada jaringan yang rumit dari orang-orang yang memberikan kontribusi pada organisasi. (Meg Wheatley)
19.         Para pemimpin yang balk harus terlebih dulu menjadi pelayan yang balk. (Robert Greenleaf)
20.         Jangan menunggu datangnya seorang pemimpin, lakukan saja sendiri, orang per orang. Jangan remehkan hal-hal kecil, karena di situlah kekuatan Anda berada. (Mother Teresa)
21.         Kepemimpinan yang efektif adalah tentang mendahulukan apa yang penting. Pengelolaan yang efektif adalah tentang disiplin, melaksanakan (apa yang telah diputuskan). (Stephen Covey)
22.         Mereka yang memimpin memberikan penglihatan kepada yang mengikutinya, dan mereka yang mengikuti memberikan hidup kepada mereka yang memimpin. (Pauline Tangiora)
23.         Hal yang paling mendasar dari kepemimpinan adalah bahwa Anda harus memiliki sebuah vlsi. (Theodore Hesburg)
24.         Pemimpin yang hebat adalah seseorang yang membuat orang lain ingin mengikutinya. Seorang pemimpin menciptakan suatu budaya yang memelihara dan mengidentifikasi bakat-bakat ( dan pada akhirnya mendapatkan keuntungan dari bakat-bakat unik tersebut). Dia adalah orang yang senantiasa ‘memberi makanan (masukan)’ kepada guru-guru secara terus-menerus. (Neila Connors)
25.         Ujian terakhir dari seorang pemimpin adalah mewariskan kepada orang-orang yang dipimpinnya keyakinan dan kemauan untuk terus maju. (Walter Lippman)
26.         Belajar dan memimpin adalah dua hal yang saling terkait, dan kita perlu melihat keduanya sebagai sesuatu yang perlu mendapat perhatian, kepedulian dan keterlibatan apabila kita ingin belajar bersamasama. Kepemimpinan dapat dipahami sebagai sebagai proses belajar di dalam suatu komunitas yang bersifat timbal balik dan memiliki tujuan tertentu. (Linda Lambert)
27.         Seorang manajer bertanya bagaimana dan kapan, seorang pemimpin bertanya apa dan mengapa. (Warren Bennis)
28.         Kepemimpinan harus lahir dari pemahaman terhadap kebutu han dari mereka-mereka yang akan terkena dampak dari kepemimpinan tersebut. (Marian Anderson)
29.         Seorang manajer menerima keadaan sebagaimana adanya. Seorang pemimpin mempertanyakan keadaan. (Warren Bennis)
30.         Kreatifitas sangat mirip dengan melihat dunia lewat sebuah kaleidoskop. Anda melihat sekelompok elemen, sama seperti yang dilihat oleh orang lain, namun memudian merakit kembali kepingan dan bagian-bagian yang mengambang tersebut menjadi kemungkinankemungkinan baru yang lebih menarik. Pemimpin yang efektif mampu melakukan hal ini. (Rosabeth Moss Kanter)
31.         Mitos yang paling berbahaya tentang kepemimpinan adalah kepercayaan bahwa pemimpin itu dilahirkan - bahwa ada faktor keturunan dalam kepemimpinan. Mitos ini menekankan bahwa ada orang yang memang memiliki karisma untuk menjadi pemimpin, sedangkan orang lain tidak. Itu tidak masuk akal. Yang benar justru sebaliknya. Pemimpin dibentuk, bukan dilahirkan. (Warren Bennis)
32.         Dalam suatu organisasi, kekuatan dan energi yang sesungguhnya berasal dari hubungan yang terbangun (antar anggota), dan kemampuan untuk membentuk hubungan tersebut lebih penting dari sekedar pekerjaan, fungsi, peran, serta posisi. (Margaret Wheatly)
33.         Jangan takut mengambil sebuah langkah besar jika memang itu yang perlu dilakukan. Anda tak mungkin menyeberangi lubang yang besar dalam dua langkah kecil. (David Lloyd George)
34.         Seseorang tak mungkin bersedia untuk merayap jika dia memiliki keinginan kuat untuk terbang. (Helen Keller)
35.         Untuk memimpin, berjalanlah dl samping orang-orang yang Anda pimpin. Yang terjadi pada para pemimpin terbaik adalah, orang yang dipimpinnya tidak menyadari keberadaan sang pemimpin dl tengah-tengah mereka. Urutan pemimpin terbaik kedua adalah yang dihormati dan dipuji. Selanjutnya, yang ditakuti, dan yang terakhir, yang dibenci.... Ketika pekerjaan seorang pemimpin terbaik telah berhasil dilakukan, pengikutnya akan berkata “kami sendiri yang melakukannya’ (Lao Tzu)
36.         Tidaklah mengherankan bahwa kepemimpinan guru merupakan urat nadi kepemimpinan di sekolah. Karena guru mewakili kelompok profesional yang paling besar dan paling konstan di sekolah dan di komunitas lokal, partisipasi penuh mereka sangatlah diperlukan untuk kemampuan kepemimpinan yang tinggi. (Linda Lambert)
37.         Tanpa adanya komitmen, yang ada hanyalah janjijanji dan harapan.... Namun tanpa rencana. (Peter Drucker)
38.         Pemimpin tidak lahir begitu saja. Kepemimpinan dipelajari dan dikembangkan. Proses itu dimulai sejak awal hidup kita dengan diri kita sendiri sebagai Individu. (Valerie Sokoloski)
39.         Rencana-rencana yang balk membentuk keputusankeputu san yang balk. Itulah kenapa perencanaan yang tepat dapat mewujudkan mimpi-mimpi yang sulit tercapai. (Lester R. Bittel)
40.         Sekedar kecerdasan saja tidak akan membuat Anda membuat pilihan yang benar - Bahkan tidak akan menuntun Anda untuk mengambil jalan yang tepat. Anda harus tahu betul seni mendengarkan kata hati Anda, dan bukan hanya seni mendengarkan kepala Anda. (Carly Fiorina)
41.         Pimpin dan doronglah orang. Jangan pernah mencoba untuk mengatur dan memanipulasi orang. Inventaris dapat diatur, namun orang harus dipimpin. (Ross Perot)
42.         Selama berabad-abad, perempuan dikenal sebagai sosok pendengar, perawat, motivator, dan komunikator yang hebat. Kualitas yang dulu dianggap tidak cocok menjalankan bisnis inilah yang justru merupakan kualitas yang paling dibutuhkan untuk memicu potensi manusia. (Mary Cunningham Agee)
43.         Kita sendirilah yang harus menjadi aktor dari perubahan yang ingin kita saksikan. (Mahatma Gandhi)
44.         Para pemimpin menjadi besar dengan membebaskan secara penuh segala potensi dan kemampuan para pengikutnya. Mereka mendapatkan ilmu dari orang lain dan tidak sekedar bergantung pada ketrampilan dan kemampuannya sendiri. (Melissa Horner)
45.         Jangan mengikuti jalan yang sudah ada. Pergilah ke arah dimana tak ada jalan, lalu tinggalkanlah jejak di sana. (Ralph Waldo Emerson)
46.         Pemimpin yang efektif menggunakan ritual, upacara dan cerita-cerita untuk membentuk suatu budaya. (Deborah Childs-Bowen, Gayle Moller & Jennifer Scrivner)
47.         Seorang pemimpin harus berpikir praktis dan realistis, namun pada saat yang sama harus menggunakan bahasa seorang visionaris dan idealis. (Eric Hoffer)
48.         Sebagai pemimpin, guru harus terlibat penuh dalam proses pengambilan keputusan di sekolah. (Natalie Gehrke)
49.         Kepemimpinan dilaksanakan lebih sebagai sikap dan tindakan nyata, bukan sekedar kata-kata. (Harold Geneen)
50.         Saat ini kepemimpinan dipandang dengan cara yang berbeda. Dalam kenyataannya, kualitas yang kita cari dari seorang pemimpin adalah kualitas yang sama persis dengan yang dimiliki oleh guru yang balk. (Geoffrey Caine & Renate Caine)
51.         Ujian terbaik sebagai pemimpin adalah: apakah orangorang yang mereka pimpin mampu tumbuh sebagai pribadi; apakah mereka menjadi lebih sehat, lebih bijak, lebih bebas, lebih mandiri, dan lebih mampu menjadikan diri mereka sendiri sebagai pemimpin? (Robert Greenleaf)
52.         Pemimpin harus berkeliling di sekolah dan di masyarakat sekitar, mendengarkan dan belajar, bertanya, membangun hubungan dan mencari berbagai kemungkinan. (Ruth Ash & Maurice Persall)
53.         Seorang pemimpin adalah orang yang tahu jalan, melalui jalan tersebut, dan menunjukkan jalan tersebut pada orang lain. (John Maxwell)
54.         Upaya mencari seorang yang tepat untuk memimpin sangat dipengaruhi oleh pada kecintaan orang tersebut pada inti sari dari kepemimpinan. (Deborah Childs-Bowen, Gayle Moller & Jennifer Scrivner.)
55.         Keberanian seorang pemimpin yang hebat untuk mewujudkan visinya datang dari panggilan jiwa, bukan dari posisi. (John Maxwell)
56.         Bukan posisi yang membuat seseorang menjadi pemimpin, namun seorang pemimpinlah yang menciptakan posisi. (Valerie Sokoloski)
57.         Tak ada satupun institusi yang bisa bertahan apabila yang mereka butuhkan adalah para jenius atau manusia super sebagai pengelolanya. Suatu institusi harus dikelola sedemikian rupa sehingga bisa berjalan di bawah suatu kepemimpinan yang terdiri dari sekelompok manusia biasa. (Peter Drucker)
58.         Ketika muncul pembagian kepemimpinan, maka orangorang akan saling bekerjasama dalam melihat suatu masalah, saling terlibat satu sama lain untuk menentukan apa yang harus dilakukan, memfasilitasi interaksi dan melakukan kesinambungan tindakan sehingga tujuan bisa tercapai. Orang akhirnya terfokus pada pekerjaan tersebut dan bukan pada siapa yang punya kewenangan untuk melakukannya. Kepemimpinan bersama akan mampu memberikan arah, bukan mendikte tindakan. (Sandra Jackson)
59.         Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah mendefinisikan realitas. Yang paling akhir adalah mengucapkan terima kasih. Di tengah-tengahnya, seorang pemimpin adalah pelayan. (max depree)
60.         ‘Berpikirlah sebelum berbicara’ merupakan sepotong nasehat yang harus bisa diterima oleh seorang pemimpin. Para pemimpin terbaik menghabiskan banyak waktu untuk melihat kembali setiap keputusan dengan kehati-hatian, komitmen dan hubungan -bagaimana keputusan ini akan berpengaruh pada orang lain? Meluangkan waktu untuk melakukan refleksi merupakan hal yang penting dalam kepemimpinan yang sukses. (Neila Connors)
61.         Manajemen merupakan efisiensi dalam menapaki tangga kesuksesan; kepemimpinan berfungsi memastikan bahwa tangga yang ada telah bersandar pada dinding yang tepat. (Stephen R. Covey)
62.         Bukanlah jeritan, namun terbangnya bebek liar lah yang mampu memimpin rombongan untuk terbang mengikuti. (Peribahasa Cina)
63.         Kepemimpinan bukanlah berasal dari pribadi yang penuh daya tarik, hal itu hanya sebatas basa-basi di permukaan saja. Kepemimpinan bukanlah “mencari teman dan mempengaruhi orang”, itu namanya menjilat. Kepemimpinan adalah mengangkat vlsi seseorang ke tempat yang lebih tinggi, meningkatkan kinerja ke standar yang lebih tinggi, dan membentuk kepribadian melampaui batas normal. (Peter Drucker)
64.         Pemimpin yang hebat memahami bahwa dalam setiap diri “orang biasa” tersimpan sesuatu yang istimewa, yang membuat mereka “luar biasa”. (Neila Connors)
65.         Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menetapkan standar dan mengelola suatu iklim dimana orang memiliki motivasi dari dalam dirinya untuk mengarah pada tujuan jangka panjang yang konstruktif, dalam suatu lingkungan yang partisipatif dan saling menghargai, yang sesuai dengan nilai-nilai individu. (Mike Vance)
66.         Para pemimpin tidak lahir begitu saja. Mereka tumbuh dan berkembang di dalam ilmu, ketrampilan dan sikapnya, sehingga pada akhirnya menjadi pemimpin yang hebat. (Katzenmeyer Marilyn & Gayle Moller)
67.         Menurut saya, kepemimpinan lahir dari sebuah integritas - bahwa Anda juga melakukan apa yang Anda perintahkan kepada orang lain. Menurut saya ada banyak cara memimpin yang tidak selalu terlihat jelas. Hanya dengan menunjukkan tauladan yang balk sebagai orang tua, teman, tetangga, maka orang lain bisa melihat bahwa suatu hal bisa dilakukan dengan cara yang lebih balk. Kepemimpinan tidak harus merupakan sesuatu yang bersifat dramatis, layaknya suatu aktivitas yang dibarengi dengan tangan yang terkepal di udara dan suara terompet yang membahana. (Scott Berkun)
68.         Seorang pemimpin yang sukses mengetahui bahwa orang tidakakan tumbuh dan berubah kecuali mereka diberi bimbingan yang relevan, praktis dan bermanfaat. (Neila Connors)
69.         Kepemimpinan tampaknya adalah ketrampilan yang dimiliki oleh sebagian besar orang, namun hanya dimanfaatkan oleh sebagian kecilnya. Namun kepemimpinan adalah hal yang bisa dipelajari oleh siapapapun, diajarkan kepada siapapun, tanpa kecuali. (Warren Bennis & Burt Nanus)
70.         Distribusi kekuasaan dan kepemimpinan mendorong guru dan anggota masyarakat untuk melihat diri mereka sebagai bagian yang penting dalam membentuk arah dan nilai-nilai sekolah serta dalam memberikan pengaruh tak hanya di sekolah saja. (Frank Crowther, Steven Kaagan, Margaret Ferguson, Leonne Haan)
71.         Jangan pernah mengatur orang bagaimana cara melakukan sesuatu. Cukup katakan pada mereka apa yang harus dilakukan dan mereka akan membuat Anda terkejut dengan ide-ide asli mereka yang cerdas. (Jenderal George Patton)
72.         Kepemimpinan bersama memiliki makna memberdayakan individu pada semua tingkat dan memberi mereka kesempatan untuk memimpin. Saat ini hal tersebut menjadi semakin umum, ketika manajemen dengan pendekatan dari atas ke bawah memberi tempat bagi bentuk-bentuk yang lebih terdesentralisasi dan dipandang oleh beberapa ahli sebagai suatu cara untuk mendorong kegesitan, sikap proaktif dan otonomi. (Cathy Greenberg-Walt & Alastair Robertson)
73.         Para pemimpin tumbuh. Mereka tidak terlahir demikian. (Peter Drucker)
74.         Para pemimpin yang paling enerjik dan kuat diantara kita barangkali adalah mereka yang sebenarnya paling kecil. Dari layanan sosial di lapisan bawah hingga gerakan nasioanl, anak-anak dapat menunjukkan prestasi luar biasa. Namun orang tua dituntut dengan pekerjaan yang paling serius: menyediakan kesempatan, membimbing dan membiarkan anak muda menjadi para pemimpin yang aktif dalam mewujudkan masa depan mereka. (Tara Church)
75.         Kepemimpinan tidaklah melulu tentang teknik dan metode, namun lebih tentang bagaimana membuka hati. Kepemimpinan adalah tentang inspirasi terhadap diri sendiri dan orang lain. Kepemimpinan yang hebat adalah tentang pengalaman manusia, bukan proses. (Lance Secretan)
76.         Semakin hari, kepemimpinan semakin dipandang sebagai aktifitas yang berkaitan dengan proses melakukan sesuatu, bukan sebagai suatu keadaan tertentu. (Gretchen Spreitzer & Thomas Cummings)
77.         Bersikaplah lemah lembut dan Anda akan menjadi pemberani, jadilah orang yang sangat irit (hati-hati) dan Anda akan menjadi liberal, hindarilah menempatkan diri Anda di depan orang lain dan Anda akan menjadi pemimpin diantara mereka. (Lao Tzu)
78.         Pemimpin tidak mencari-cari alasan ketidakmampuan mereka untuk bertindak. Mereka adalah yang pertama kali bergerak dan paling awal mengadopsi sesuatu. Mereka mewujudkan sesuatu. Yang paling penting, pemimpin membuat orang lain bertindak - salah satu pekerjaan terpenting mereka adalah membuat anggotanya bertindak, menguji, memperdebatkan, melakukan inovasi, dan belajar. Pemimpin harus memberi contoh perilaku yang dia harapkan dari orang lain. (Gretchen Spreitzer & Thomas Cummings)
79.         Pemimpin adalah mereka yang menjaga keyakinan dengan masa lalu, menyelaraskan langkah dengan masa kini, dan memegang janji pada generasi mendatang. (Harold Seymour)
80.         Kepemimpinan yang langgeng terkait dengan memahami hal apa yang Anda sukai dan hal apa yang mampu Anda lakukan dengan balk - gabungan antara panggilan Jiwa dan kemampuan akan menghasilkan energi. (Gretchen Spreitzer & Thomas Cummings)
81.         Seorang pemimpin yang balk mampu membuat orang lain berpikir bahwa mereka berada pada intl dari segalanya, tidak berada diluar. Setiap orang berpikir bahwa mereka berperan dalam kesuksesan organisasi. Ketika hal itu terjadi, maka orang akan merasa menjadi bagian intl dan itu membuat pekerjaan mereka menjadi Bermakna. (Warren Bennis)
82.         Fokus dari kepemimpinan gaya-pelayan adalah pada membagi informasi, membangun vlsi yang sama, manajernen mandiri, adanya rasa saling ketergantungan yang tinggi, belajar dari kesalahan, mendorong munculnya masukan kreatif dari semua anggota tim, serta mempertanyakan asumsi terkini dan pola pikir. (Ann McGee-Cooper dan Duane Trammell)
83.         Pemimpin tidaklah lahir begitu saja; mereka dibentuk. Dan, mereka dibentuk sama seperti hal-hal yang lain -melalui kerja keras. Dan itulah harga yang harus kita bayar untuk mencapai tujuan apapun. (vince lombardi)
84.         Satu-satunya kapal yang aman pada saat badai datang adalah kepemimpinan. (Faye Wattleton)
85.         Sebelum Anda menjadi pemimpin, kesuksesan adalah tentang mengembangkan diri sendiri. Saat Anda menjadi pemimpin, kesuksesan adalah tentang mengembangkan orang lain. (Jack Welch)
86.         Indahnya memberdayakan orang adalah bahwa kekuatan Anda sendiri tidak lantas menjadi hilang selama proses tersebut berlangsung. (Barbara Colorose)
87.         Jika Anda ingin membuat sebuah kapal, janganlah mengerahkan orang-orang untuk mengumpulkan kayu dan jangan menyuruh mereka melakukan pekerjaan ini dan itu, Namun ajarkanlah kepada mereka untuk merindukan kehebatan lautan yang tak berbatas. (Antoine de Saint-Exupery)
88.         Kontrol bukanlah kepemimpinan; manajemen bukanlah kepemimpinan; kepemimpinan adalah kepemimpinan. Jika Anda ingin memimpin, maka berikan paling tidak 50% waktu Anda untuk memimpin diri Anda sendiri - tujuan, etika, prinsip, motivasi dan perilaku Anda. Berikan paling tidak 20% untuk memimpin mereka yang memiliki kewenangan atas Anda dan 15% untuk memimpin teman-teman Anda. (Dee Hock)
89.         Anda tidak perlu melihat seluruh anak tangga yang ada, cukup ambillah satu langkah awal. (Martin Luther King)
90.         Kepemimpinan bukanlah tentang tindakan luar biasa atau kehebatan seseorang, Namun tentang kegiatan sehari-hari yang tersusun secara rinci - dan hal itu bisa dilakukan oleh siapa saja. (Angela Piasecka)
91.         Ketika seekor kupu-kupu merentangkan sayapnya di suatu tempat di dunia, pada akhirnya hal itu dapat mengakibatkan angin kencang di tempat lain. (Edward Lorenz)
92.         Yang mampu menggerogoti bukanlah kekuatan, namun ketakutan. Ketakutan kehilangan kekuasaan akan menggerogoti mereka yang berkuasa dan ketakutan atas penyebab jatuhnya kekuasaan akan menggerogoti mereka yang berkuasa. (Aung san Suu Kyi)
93.         Seiring dengan memudarnya mitos tentang pemimpin pahlawan, maka muncullah mitos baru tentang tim dan komunitas yang mampu memimpin diri mereka sendiri. (Fred Kofman & Peter Aenge)
94.         Dan jika Anda tidak memiliki kekuatan dari dalam diri Anda sendiri.... Perempuan seperti saya cenderung menengok ke belakang untuk mencari-cari... “siapa yang jadi Pemimpin? Siapa yang paling pintar?” Tak pernah berpikir bahwa mungkin saja orang itu adalah saya sendiri. Butuh waktu lama bagi saya untuk menghilangkan perasaan semacam itu. (Jane Fonda)
95.         Tugas kepemimpinan bukanlah meletakkan kehebatan pada sisi kemanusiaan seseorang, namun untuk memunculkannya, karena pada hakekatnya kehebatan itu sudah ada di sana. (John Buchan)
96.         Sudah sejak lama saya menyadari bahwa orang yang berhasil jarang hanya duduk diam dan menunggu suatu kejadian datang padanya. Mereka bergerak mendatangi kejadian. (Elinor Smith)
97.         Anda tak akan bisa menjadi pemimpin dan meminta orang lain untuk mengikuti Anda, kecuali Anda juga tahu bagaimana cara mengikuti orang lain. You (Sam Rayburn)
98.         Belajarlah dari kesalahan orang lain. Umur Anda tak cukup panjang untuk membuat semua kesalahan-kesalahan itu sendiri. (Eleanor Roosevelt)
99.         Seorang pemimpin bukanlah seorang administrator yang senang mengatur orang, tapi seseorang yang membawa air untuk pengikutnya sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaannya (Robert Townsend)
100.    Seorang pesimis tidak akan pernah menemukan rahasia bintang-bintang, atau berlayar ke tempat-tempat yang belum terpetakan, atau membuka pintu gerbang untuk semangat kemanusiaan. (Helen Keller)

cukup sekian ulasan dari saya. budayakan meninggalkan komentar. terima kasih dan semoga bermanfaat :)

Comments

  1. Mantap ... dan bermanfaat sekali buat kehidupan berorganisasi

    ReplyDelete
  2. Mantap ... dan bermanfaat sekali buat kehidupan berorganisasi

    ReplyDelete
  3. Terimakasih sekali kakak..
    Beta senang..
    hehehe

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  5. LIGABOLA situs betting Terpercaya di Era Milenial #ligabola #bettingonline #agentogel #togelonline #bandartogel #bandarbola #parlay #mainbola #situsbola

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

KATA BIJAK

TUGAS MAKALAH KEPEMIMPINAN